Sabtu, 05 Juni 2010

SISTEM BUS DAN DMA


SISTEM BUS DAN DMA


 PENGERTIAN BUS:

System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus. Dengan kata lain Jalur komunikasi yang menghubungkan beberapa device


 GAMBAR BUS :


 PENGERTIAN DMA

DMA adalah sebuah prosesor khusus (special purpose processor) yang berguna untuk menghindari pembebanan CPU utama oleh program I/O (PIO).





 TRANSFER DMA

Untuk memulai sebuah transfer DMA, host akan menuliskan sebuah DMA command block yang berisi pointer yang menunjuk ke sumber transfer, pointer yang menunjuk ke tujuan/ destinasi transfer, dan jumlah byte yang ditransfer, ke memori. CPU kemudian menuliskan alamat command block ini ke DMA controller, sehingga DMA controller dapat kemudian mengoperasikan bus memori secara langsung dengan menempatkan alamat-alamat pada bus tersebut untuk melakukan transfer tanpa bantuan CPU.

 Tiga langkah dalam transfer dma:

1. Prosesor menyiapkan DMA transfer dengan menyedia kan data-data dari device, operasi yang akan ditampilkan, alamat memori yang menjadi sumber dan tujuan data, dan banyaknya byte yang di transfer.

2. DMA controller memulai operasi (menyiapkan bus, menyediakan alamat, menulis dan membaca data), sampai seluruh blok sudah di transfer.

3. DMA controller meng-interupsi prosesor, dimana selanjutnya akan ditentukan tindakan berikutnya.



 DMA Controller :



 Kesimpulan

Device yang terhubung bersama akan berkomunikasi melalui bus alamat, data dan kontrol. Ketika suatu device ingin berkomunikasi dengan lainnya, ia mengirim alamat untuk membedakan dengan device lainnya, dimana tiap device mempunyai alamat yang unik.
Pada DMA (Direct Memory Access) seluruh pengoperasian bus-bus dilakukan oleh DMA controller dan prosesor (mikroprosesor) sendiri terputus dengan bus-bus tersebut, sehingga memungkinkan adanya hubungan langsung atau transfer data secara langsung antara perangkat I/O dan sistem memori. Jadi, DMA yang bertanggung jawab terhadap semua pengoperasian seluruh bus.

2 komentar:

kunny mengatakan...

thx materi'y
ckup mmbantu saya mngrjakan tgs..
^_^

Lianita mengatakan...

iya sama2

Posting Komentar