Jumat, 04 Juni 2010

Memory & Chace

  • Memory

Memory (Memory) terdiri atas komponen-komponen elektronik yang menyimpan perintah- perintah yang menunggu untuk di eksekusi oleh prosesor,data yang diperlukan oleh instruksi (perintah) tersebut dan hasil-hasil dari data yang diproses ( informasi ). Memory biasanya terdiri atas satu chip atau beberapa papan sirkuit lainnya dalam prosesor.

Memory komputer bisa diibaratkan sebagai papan tulis, dimana setiap orang yang masuk kedalam ruangan bisa membaca dan memanfaatkan data yang ada dengan tanpa merubah susunan yang tersaji. Data yang diproses oleh komputer, sebenarnya masih tersimpan didalam memory, dan dalam hal ini komputer hanya membaca data dan kemudian memprosesnya. Satu kali data tersimpan didalam memory komputer, maka data tersebut akan tetap tinggal disitu selamanya. Setiap kali memory penuh, maka data yang ada bisa dihapus sebagian ataupun seluruhnya untuk diganti dengan data yang baru.


  • MEMORY CACHE

Buffer berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data yang diakses pada saat itu dan data yang berdekatan dalam memory utama.Memory akses random (RAM) berkecepatan tinggi yang ditempatkan diantara system memory dan pemakaiannya untuk mengurangi waktu akses efektif dari system memory. Dengan memasukan memory chace antara peralatan cepat dan system memory yang lebih lambat, perancangan ini dapat memberikan system memory yang cepat.

Memory Cache terbagi menjadi 3 :

· Internal Chache yaitu memory yang terdapat didalam prosesor, sering dikenal dengan nama first level ( L1)

Chache L1 dipasang langsung pada cip prosesor. Chache L1 biasanya memiliki kapasitas sangat kecil, berkisar antara antara 8 KB sampai 128 KB.

· External Chache yaitu memory yang terdapat didalam motherboard, sering dikenaal dengan nama second level ( L2 )

Chache L2 sedikit lebih lambat daripada chache L1 tetapi memiliki kapasitas yang jauh lebih besar, berkisar antara 64 KB sampai 16 MB.

· Cache level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti prosesor.


Untuk Lebih Lengkap bisa download disini.

1 komentar:

wendi mengatakan...

wah..wah...semakin menambah ilmu kmputer nh..thx bgt..

Posting Komentar